Langsung ke konten utama

QUICK Leadership


Pemimpin mempunyai peran penting dalam proses transformasi pelayanan rumah sakit, banyak gaya kepemimpinan yang hadir mewarnai proses transfromasi satu diantaranya model QUICK LEADERSHIP.

Tipe pemimpin ini dibutuhkan dalam agenda perubahan ditengah kondisi SDM yang di dominasi oleh COMFORT ZONE dan butuh perubahan yang cepat dan nampak hasilnya.

hal ini diharapkan akan merubah sikap dari mayoritas comfort zone untuk ikut dalam agenda perubahan yang dicanangkan oleh sang pemimpin.

Prof. Kadir selaku Direktur Utama RS. Kanker Dharmais Jakarta adalah figur yang masuk dalam katagori ini, dimana sejak awal kehadirannya di RSKD Jakarta banyak melakukan perubahan secara cepat yang dilakukan baik di sisi pelayanan medis, penunjang medis, non medis dan area publik.

concern beliau adalah menghadirkan KUALITAS dan KECEPATAN Pelayanan disemua titik layanan yang dilalui oleh pasien selama proses penyembuhan di RSKAD.

beliau menyampaikan, jika tarif sudah dikendalikan oleh regulator maka yang bisa dikendalikan hanya KUALITAS dan KECEPATAN LAYANAN.

untuk itu banyak hal yang sudah dilakukan, semisal di layanan medis seiring dengan lonjakan kunjungan pasien dilakukan perbaikan di titik registrasi, poliklinik, farmasi dan kemudahan pembayaran untuk pasien asuransi dan pasien pribadi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PETUNJUK ARAH untuk KEMUDAHAN

Saat pasien berkunjung ke RSKD khususnya di poliklinik untuk pemeriksaan awal dan lanjutan mengharuskan pasien untuk mengunjungi beberapa layanan penunjang lainnya semisal ke labolatorium, radiologi, kemoterapi dan lainnya. Petunjuk arah menjadi penting keberadaannya dimana hal ini akan memudahkan pasien dan keluarganya untuk memperoleh informasi lokasi pelayanan yang dituju berada. Namun demikian selain petunjuk arah diberikan kemudahanlainnya satu diantaranya pusat informasi.

JALUR PRIORITAS untuk yg PRIORITAS

Pasien adalah prioritas, oleh karenanya di RSKD dibuat jalur prioritas untuk pasien satu diantaranya adalah Jalur LIFT PRIORITAS.  Lift ini digunakan hany untuk pasien dan paramedis, untuk pengantar di arahkan untuk menggunakan lift lainnya.  Semua ini ditujukan untuk memperlancar alur layanan kepada pasien. 

LELANG ROTASI ala RANAP RSKD

SDM perusahaan harus selalu dirotasi, hal ini untuk mengurangi kejenuhan bekerja dan antisipasi terjebak di zona nyaman. Instalasi Rawat inap  RSKD mencoba cara baru dalam melakukan proses rotasi terhadap petugas ruangan, dimana semua kepala ruangan rawat inap diundang oleh Koordinator Pelayanan rawat inap untuk memetakan people di setiap unit kerja dan merotasinya ke tempat baru di area rawat inap Cara ini lebih efektif dalam pengambilan keputusan secara cepat daripada main surat suratan dengan disposisi mohon arahan dan tindaklanjuti. Sisi lain tidak semua masalah dilayanan harus diselesaikan oleh level direksi, cukup dieksekusi di level instalasi.