Langsung ke konten utama

Mengurai KERUMUNAN PASIEN

Area PLAZA RSKD mendesak dibenahi khususnya untuk mengatur  traffic diarea plaza RSKD.
Kondisi yang terjadi saat ini belum diaturnya flow orang baik yg datang maupun yang pulang sehingga terjadi tumpukan dipintu masuk.
Kerumunan dipicu oleh 4 hal:
1. Lonjakan kunjungan.
2. Konsentrasi kedatangan
3. Lambannya pelayanan
4. Disiplin pengunjung
Untuk hal pertama terkait lonjakan beberapa hal bisa dilakukan antara lain
:
Adanya pengaturan pintu masuk sbb:
1. Pasien baru, melalui pintu utama
2  Pasien control melalui pintu dekat igd
3. Pasien mau masuk ranap melalui pintu dekat  igd
4. Pasien mau pulang ranap melalui pintu dekat masjid
5  Manajemen melalui pintu auditorium
6. Vendor melalui pintu dekat gizi
Terkait dengan konsentrasi kedatangan pasien, baiknya pasien control yg akan jumpa dokter siang hari, mesin SEP disetting hanya bisa cetak SEP 1 jam sebelum jadwal poliklinik,
hal ini akan memicu pasien control dtg mendekati jadwal praktek sehingga kerumunan orang di pagi hari akan berkurang
Terkait dengan lambannya pelayanan, saat ini pasien baru proses ketemu dokter panjang di registrasi.
Ke meja informasi
Ke verifikasi data oleh Ippj
Diminta ke tukang fotokopi
Ke dokter screening
Ke petugas irmik
Ke administrasi poly
Ke perawat
Baru jumpa dokter
Dimana pasien antri berkali kali diregistrasi oleh karenanya perlu disederhanakan dengan pasien hanya mengantri satu kali tinggal dokumennya yg pindah ke tahapan diatas.
Dan disediakan fotokopi di registrasi sehingga pasien tdk perlu cari fotokopi keluar rs.
Terkait disiplin antrian, selain sudah dilakukan pengaturan oleh security ada baiknya didukung oleh himbauan melalui media tv dan lainnya agar keluarga pasien menjaga kedisiplinan selama di area RSKD.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JALUR PRIORITAS Pasien & Paramedis

RSKD setiap harinya di datangi oleh paramedis, pasien, pengantar dan keluarga yang membesuk. Lift menjadi fasilitas yang sering dilalui oleh semua pihak diatas untuk menuju antar lantai. Untuk memberikan kenyamanan kepada Pasien dan Paramedis, RSKD membuat jalur Prioritas Jalur ini hanya boleh dilalui oleh Paramedis dan pasien Untuk pembesuk dan pihak lainnya disediakan jalur lift reguler. Pemisahan ini dimaksudkan untuk memberi kecepatan menuju antar lantai kepada paramedis dan pasien.

MENGANTAR dengan SENYUMAN

Pasien ketika masuk rumah sakit dalam benaknya ingin sembuh setelah melalui proses perawatan tentunya. Proses perawatan tidak hanya membutuhkan kualitas pelayanan namun juga keramahan dari paramedis tidak terkecuali pengantar pasien. Meskipun sehari harus mengantar 360 kali pengantaran pasien dari admision ke rwnap, ranap ke loby dan ranap ke layanan tindakan dan diagnosa Para Pengantar pasien senantiasa akan mengantar pasien dengan senyuman melalui layanan prioritas dan jalur Prioritas.

MELAYANI saat yang lain TIDAK MELAYANI

Pelayanan rumah sakit sejatinya adalah pelayanan 7/24 , artinya setiap saat dibutuhkan karena hal ini terkait dengan kesehatan dan keselamatan pasien.  Oleh karenanya merespon hal ini ada beberapa layanan yang buka 7/24, diantaranya IGD, Labolatorium, radiologi, farmasi, rawat inap, gizi, rekam medis, dan beberapa unit penunjang semisal registrasi dan keuangan.  Seiring melonjaknya jumlah pasien pasca dibukanya layanan pasien BPJS beberapa rumah sakit mulai memikirkan membuka Layanan non BPJS rawat jalan diwaktu yang sebelumnya tidak dipikirkan untuk dibuka.  Tentu hal ini dengan banyak pertimbangan dari sisi kualitas layanan, kecepatan layanan, fleksibilitas waktu yang bisa di ambil oleh pasien dan lainnya  Saat rumah sakit tidak mampu menyediakan fasilitas baru seiring melonjaknya kunjungan pasien, maka panfaatan Waktu menjadi hal lain yang bisa dilakukan.  Jika sebelumnya poliklinik membuka sehari 8 jam sehari, why not hari ini dan kedepan poliklinik dibuka 7...