Langsung ke konten utama

Mengurai KERUMUNAN PASIEN

Area PLAZA RSKD mendesak dibenahi khususnya untuk mengatur  traffic diarea plaza RSKD.
Kondisi yang terjadi saat ini belum diaturnya flow orang baik yg datang maupun yang pulang sehingga terjadi tumpukan dipintu masuk.
Kerumunan dipicu oleh 4 hal:
1. Lonjakan kunjungan.
2. Konsentrasi kedatangan
3. Lambannya pelayanan
4. Disiplin pengunjung
Untuk hal pertama terkait lonjakan beberapa hal bisa dilakukan antara lain
:
Adanya pengaturan pintu masuk sbb:
1. Pasien baru, melalui pintu utama
2  Pasien control melalui pintu dekat igd
3. Pasien mau masuk ranap melalui pintu dekat  igd
4. Pasien mau pulang ranap melalui pintu dekat masjid
5  Manajemen melalui pintu auditorium
6. Vendor melalui pintu dekat gizi
Terkait dengan konsentrasi kedatangan pasien, baiknya pasien control yg akan jumpa dokter siang hari, mesin SEP disetting hanya bisa cetak SEP 1 jam sebelum jadwal poliklinik,
hal ini akan memicu pasien control dtg mendekati jadwal praktek sehingga kerumunan orang di pagi hari akan berkurang
Terkait dengan lambannya pelayanan, saat ini pasien baru proses ketemu dokter panjang di registrasi.
Ke meja informasi
Ke verifikasi data oleh Ippj
Diminta ke tukang fotokopi
Ke dokter screening
Ke petugas irmik
Ke administrasi poly
Ke perawat
Baru jumpa dokter
Dimana pasien antri berkali kali diregistrasi oleh karenanya perlu disederhanakan dengan pasien hanya mengantri satu kali tinggal dokumennya yg pindah ke tahapan diatas.
Dan disediakan fotokopi di registrasi sehingga pasien tdk perlu cari fotokopi keluar rs.
Terkait disiplin antrian, selain sudah dilakukan pengaturan oleh security ada baiknya didukung oleh himbauan melalui media tv dan lainnya agar keluarga pasien menjaga kedisiplinan selama di area RSKD.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PETUNJUK ARAH untuk KEMUDAHAN

Saat pasien berkunjung ke RSKD khususnya di poliklinik untuk pemeriksaan awal dan lanjutan mengharuskan pasien untuk mengunjungi beberapa layanan penunjang lainnya semisal ke labolatorium, radiologi, kemoterapi dan lainnya. Petunjuk arah menjadi penting keberadaannya dimana hal ini akan memudahkan pasien dan keluarganya untuk memperoleh informasi lokasi pelayanan yang dituju berada. Namun demikian selain petunjuk arah diberikan kemudahanlainnya satu diantaranya pusat informasi.

Pembenahan PARKIR

Mengelola Untuk LEBIH OPTIMAL . . Banyak hal dilakukan Di RSKD agar memberikan Kenyamanan bagi Pengunjung Rumah Sakit. . . Satu diantaranya area parkir Yang merupakan titik masuk Pengunjung ke rumah sakit. . . Parkir di RS Dharmais  Dibagi dalam 2 zona Fast moving dan slow moving . . Pasien dan pengantar di poliklinik Masuk dalam katagori fast moving Karena 2 jam maksimal  Kendaraannya ada di space parkir . . Staf rumah sakit masuk Dalam katagori slow moving Karena akan 8 jam kedepan Kendaraannya ada di space parkir . . Untuk mengelola space  Secara optimal  Maka dipisahkan antara  lahan  Parkir  fast moving dan slow moving . . Hal ini bagian dari  upaya menghadirkan  Pembenahan di setiap Customer Journey  RSKD . . Nantikan Liputan Pembenahan lainnya.

JALUR PRIORITAS untuk yg PRIORITAS

Pasien adalah prioritas, oleh karenanya di RSKD dibuat jalur prioritas untuk pasien satu diantaranya adalah Jalur LIFT PRIORITAS.  Lift ini digunakan hany untuk pasien dan paramedis, untuk pengantar di arahkan untuk menggunakan lift lainnya.  Semua ini ditujukan untuk memperlancar alur layanan kepada pasien.