Langsung ke konten utama

MELAYANI saat yang lain TIDAK MELAYANI

Pelayanan rumah sakit sejatinya adalah pelayanan 7/24 , artinya setiap saat dibutuhkan karena hal ini terkait dengan kesehatan dan keselamatan pasien. 

Oleh karenanya merespon hal ini ada beberapa layanan yang buka 7/24, diantaranya IGD, Labolatorium, radiologi, farmasi, rawat inap, gizi, rekam medis, dan beberapa unit penunjang semisal registrasi dan keuangan. 

Seiring melonjaknya jumlah pasien pasca dibukanya layanan pasien BPJS beberapa rumah sakit mulai memikirkan membuka Layanan non BPJS rawat jalan diwaktu yang sebelumnya tidak dipikirkan untuk dibuka. 

Tentu hal ini dengan banyak pertimbangan dari sisi kualitas layanan, kecepatan layanan, fleksibilitas waktu yang bisa di ambil oleh pasien dan lainnya 

Saat rumah sakit tidak mampu menyediakan fasilitas baru seiring melonjaknya kunjungan pasien, maka panfaatan Waktu menjadi hal lain yang bisa dilakukan. 

Jika sebelumnya poliklinik membuka sehari 8 jam sehari, why not hari ini dan kedepan poliklinik dibuka 7/24 dalam seminggu. 

Dan beberapa rumah sakit sudah melakukan hal ini, Beberapa waktu yang manfaatkan untuk membuka pelayanan rawat jalan adalah : 

Poliklinik sore dan malam hari 
Poliklinik Sabtu dan Minggu 
Poliklinik saat libur hari nasional 
Poliklinik 7/24 jam

Tentu hal ini mempunyai banyak pertimbangan diantaranya adalah pengantar pasien mempunyai waktu untuk mengantar disaat diluar jam kerja dan disisi lain ada keengganan pasien untuk berkunjung ke IGD jika kondisi sakit tidak dalam kondisi emergency. 
Namun demikian, membuka layanan disaat pelayanan sejenis lainnya tidak melayani cukup masif dilakukan oleh rumah sakit swasta di bandingkan rumah sakit milik pemerintah. 

Membuka layanan saat banyak layanan sejenis lainnya meliburkan diri akan berdampak kepada kepercayaan yang meningkat kepada pasien, karena selain kualitas layanan kemudahan akses juga menjadi pertimbangan pasien berkunjung ke rumah sakit. 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

JALUR PRIORITAS Pasien & Paramedis

RSKD setiap harinya di datangi oleh paramedis, pasien, pengantar dan keluarga yang membesuk. Lift menjadi fasilitas yang sering dilalui oleh semua pihak diatas untuk menuju antar lantai. Untuk memberikan kenyamanan kepada Pasien dan Paramedis, RSKD membuat jalur Prioritas Jalur ini hanya boleh dilalui oleh Paramedis dan pasien Untuk pembesuk dan pihak lainnya disediakan jalur lift reguler. Pemisahan ini dimaksudkan untuk memberi kecepatan menuju antar lantai kepada paramedis dan pasien.

MENGANTAR dengan SENYUMAN

Pasien ketika masuk rumah sakit dalam benaknya ingin sembuh setelah melalui proses perawatan tentunya. Proses perawatan tidak hanya membutuhkan kualitas pelayanan namun juga keramahan dari paramedis tidak terkecuali pengantar pasien. Meskipun sehari harus mengantar 360 kali pengantaran pasien dari admision ke rwnap, ranap ke loby dan ranap ke layanan tindakan dan diagnosa Para Pengantar pasien senantiasa akan mengantar pasien dengan senyuman melalui layanan prioritas dan jalur Prioritas.